Posting By Gallerydunia.com

Kartu Memory dan Proses pembuatan nya ( Video )




A.Kartu Memory

Tak hanya ada satu jenis kartu memori, melainkan banyak jenis kartu memori yang digunakan oleh berbagai alat, terutama kamera digital. Inilah jenisjenis kartu memori yang umum beredar. Kenali pula keunikan masing-masing kartu.

Saat memilih kamera digital, jarang sekali seseorang menaruh peduli terhadap kartu memori yang digunakan. Kebanyakan, orang lebih berkonsentrasi pada resolusi, fitur, dan harga kamera digital. Terhadap kartu memori, sejauh kapasitasnya besar, orang tak peduli jenis memori yang digunakan. Meskipun demikian, tak ada salahnya mengenal macammacam kartu memori yang digunakan.


Compact Flash
Kartu memori jenis ini paling banyak digunakan oleh kamera digital. Berbagai tipe kamera, mulai dari yang paling simpel sampai SLR, banyak menggunakan Compact Flash (CF). Karena paling umum digunakan, ketersediaan CF dengan harga murah pun sangat banyak. Dengan demikian, kartu memori yang dikenalkan pertama kali oleh SanDisk ini sangat mudah didapat. Selain ketersediaannya, CF memiliki kecepatan transfer yang paling cepat. Itu karena kartu memori ini memiliki chip controller.

Sayang, tak semua kamera digital dibuat agar penggunanya menikmati cepatnya transfer ini. Hanya kamera digital yang dilengkapi dengan buffer internal cukup besar yang mampu. Buffer internal, yang berfungsi untuk menyimpan gambar sementara sebelum diantarkan ke kartu memori, berukuran besar biasanya hanya terdapat pada kamera digital SLR untuk para profesional. Ada dua jenis CF, yaitu tipe I dan II. Perbedaannya terletak pada kapasitas serta dimensi. Tipe II lebih tebal daripada tipe I. Namun demikian, kapasitas tipe II lebih tinggi. Kapasitas tipe II, biasanya, tidak lagi diukur dengan satuan megabytes (MB), melainkan gigabytes (GB).


MicroDrive

MicroDrive merupakan pengembangan CF tipe II. Secara fisik, MicroDrive adalah sebuah miniatur harddisk yang disimpan dalam CF. MicroDrive yang dikeluarkan IBM adalah MicroDrive pertama yang menawarkan kapasitas 1GB. Reputasi MicroDrive dalam dunia kartu memori kurang baik. Kartu memori jenis ini dikenal rapuh. Mereka kurang tahan banting karena memiliki bagian yang bergerak, untuk baca-tulis, di dalam. Karena bagian yang bergerak itu pula MicroDrive memakan lebih banyak energi.

Jadi jangan heran kalau kamera digital yang menggunakan kartu memori ini lebih sering kehabisan daya baterai. Bila dibandingkan dengan CF tipe II yang juga berkapasitas gemuk , MicroDrive memang memiliki banyak kekurangan. Tidak hanya tak tahan banting, kecepatan transfer datanya pun lebih lambat daripada CF tipe II. Namun demikian, MicroDrive menawarkan kenyamanan dalam hal harga. MicroDrive patut dipertimbangkan pada saat seseorang hendak mendapatkan sebuah kartu memori yang terbilang murah dengan kapasitas bersatuan GB.


Secure Digital dan Multi Media Card

Kartu memori terkecil serta tertipis yang ada sekarang ini bertipe Secure Digital (SD), Multi Media Card (MMC), dan xD. Dengan dibuatnya kartukartu memori seperti ini, ukuran alat-alat yang beredar pun bebas dibuat setipis mungkin. Sampai saat ini, baik SD maupun MMC yang beredar memiliki kapasitas paling besar 512MB. Nantinya, SD dan MMC berkapasitas 1GB akan dikeluarkan. Secara fisik SD sangat mirip dengan MMC. Ukurannya samasama sebesar perangko. Lainnya, baik SD maupun MMC menyediakan enkripsi data sebagai proteksi terhadap distribusi produk-produk yang dilindungi hak cipta seperti lagu, video, dan e-book.

Perbedaannya hanyalah, SD memiliki sebuah switch yang berfungsi agar SD menjadi writeprotected alias tak bisa ditulisi. Selain itu, SD juga memiliki kecepatan transfer yang lebih cepat dibandingkan dengan MMC. Perbedaan yang lainnya adalah SD dikembangkan bersama oleh SanDisk, Matsushita Electronic, dan Toshiba, sedangkan MMC dikembangkan oleh SanDisk dan Siemens AG.

Bentuk SD Card seukuran dengan MMC dengan kecepatan transfer data yang lebih cepat. Banyak digunakan mulai dari handphone, kamera dan komputer. SD Card mempunyai switch yang berfungsi agar SD Card menjadi write protected.
  • Mini SD
    Ukurannya kira-kira setengan ukuran SD Card, dapat dimasukkan kedalam slot SD Card atau MMC dengan menggunakan sebuh Adapter.
  • Micro SD / TransFlash
    Ukurannya lebih kecil daripada Mini SD dan banyak digunakan pada handphone sekarang. Kapasitas penyimpana data bisa mencapai hingga 16 GB.
  • XD Card
    Dikembangkan oleh Olympus dan Fuji untuk produk-produk kamera keluarannya.


Memory Stick
Memory Stick dipatenkan oleh Sony untuk alat-alat elektronik keluarannya. Sangat sedikit kamera digital yang tidak bermerek Sony kompatibel dengan Memory Stick. Ini perlu jadi bahan pertimbangan apabila seseorang ingin memiliki 2 kamera digital yang salah satunya tidak hanya bermerek Sony. Keuntungan paling besar dirasakan oleh penggila produk Sony. Memory Stick bisa bekerja untuk semua produk Sony sehingga tak perlu punya satu kartu memori untuk setiap alat. 

Cukup satu kartu memori untuk semua alat. Memory Stick beredar dengan 2 jenis, yang biasa dan yang Pro. Bedanya, Memory Stick biasa berkapasitas maksimal 256MB, Memory Stick Pro berkapasitas besar. Selain menawarkan kapasitas yang besar, Memory Stick Pro juga menawarkan kecepatan transfer data yang lebih cepat dari Memory Stick sebelumnya, yaitu 160Mbps. SmartMedia Kartu memori yang pertama kali dikenalkan oleh Toshiba ini pernah terkenal dan banyak digunakan di berbagai kamera digital bermerek Olympus dan Fuji. 

Panjang serta lebar SmartMedia tidak berbeda jauh dengan CF, namun tebalnya berbeda signifikan. Kalau CF I memiliki tebal 3,3mm, SmartMedia memiliki tebal kurang dari 1mm. Bila dibandingkan dengan MMC dan SD, SmartMedia masih lebih besar. Sejak tahun 2002, saat kartu xD dikenalkan dan digunakan oleh produk Olympus dan Fuji, popularitas SmartMedia langsung menurun. Pembeli kamera digital dengan memori ini, apabila ingin memiliki lebih dari 128MB, harus membeli lebih dari satu. Pasalnya, produksi SmartMedia akan dihentikan sehingga kapasitasnya mentok 128MB.

Memory Stick merupakan memory card yang diperkenalkan oleh SONY dan dipatenkan untuk alat-alat elektronik keluarannya. Hampir semua kamera buatan SONY menggunakan memory stick sebagai media penyimpanannya.
  • Memory Stick Pro dan Memory Stick Duo
    Merupakan generasi kedua Memory Stick dengan kecepatan dan kapasitas penyimpanan yang meningkat.
  • Memory Stick Micro M2
    Memory Stick Micro (M2) menawarkan penyimpanan data yang lebih besar, saat ini telah  mencapai ukuran 8GB.
xD Card
Kartu xD merupakan pengembangan dari SmartMedia. Kartu ini dikembangkan oleh Olympus dan Fuji. Tak heran, produkproduk Olympus dan Fuji yang belakangan beredar menggunakan kartu memori jenis ini. Saat ini, xD memiliki kapasitas paling besar 512MB, namun menurut rumor, xD bisa digenjot hingga 8GB. Itulah macam-macam kartu memori beserta kelebihan dan kekurangannya. Gampang, kan?

B.Proses Pembuatan



Kartu memori dan Flashdisk semakin murah tetapi ternyata untuk pembuatannya tetap saja butuh teknologi tinggi dan tidak bisa sembarangan. Lexar sebagai salah satu pemain dalam industri kartu memori dan flashdisk memperlihatkan video tentang bagaimana mereka menggunakan teknologi tinggi untuk menghasilkan sebuah kartu memori ataupun flashdisk.

CEK VIDEO NYA DI BAWAH GAN..!!

Salah satu yang menarik, ternyata ruangan untuk material utama mereka (disebut wafer = kayag makanan ja gan ) 100x lebih bersih dibandingkan dengan ruangan di rumah sakit.

Nah Kira-kira begini proses pembuatan Kartu Memory yang terlihat di video atas..
  • Memory chip diproduksi pada wafer di fasilitas mircron di Lehi, Utah
  • Ruang pembersih ini 100 kali lebih bersih daripada ruang operasi rumah sakit
  • Dibutuhkan waktu lebih dari satu bulan untuk membuat sebuah memory chip
  • Setiap wafer dipindahkan melalui lebih dari 800 proses yang berbeda
  • Proses produksi tidak pernah berhenti,mesin-mesin beroperasi 24/7, 365 hari per tahun dengan ribuan karyawan
  • Micron Teknologi adalah satu-satunya perusahan yang memproduksi memori chip di US
  • Wafer tersebut kemudian dikirim ke pabrik perakitan kami di Asia.
  • Chip dipotong dari wafer dan dirakit ke panel sirkuit.
  • Kartu dirakit menggunakan benang emas padat yang tidak lebih besar dari diameter rambut manusia.
  • Sekarang saatnya mengubah chip ke dalam kartu memori dan USB driver flash.
  • Menggunakan metode pengujian yang sangat ketat untuk memastikan bahwa Costumer mendapatkan produk dengan kualitas terbaik.
  • Produk di rakit dan di uji menggunakan tangan untuk memastikan kualitas terbaik.
  • setiap produk Lexar akan diuji sebelum sampek kepada konsumen.
  • Setiap kartu memori berkecepatan-rated diuji untuk memastikan bahwa memory memenuhi spesifikasi kecepatan
  • Terakhir waktunya untuk pengepackan gan! 
Nah ..gimana gan canggih kan semoga bisa menambah wawasan kita semua...semoga bermanfaat,...!!






" HIDUP KAN GALLERYDUNIA.COM DENGAN BUDAYA KAN BERKOMENTAR"
"Semua Komentar terlebih dahulu melalui moderator dan akan di tampilkan dalam paling lambat 1 x 24 jam dan untuk email pemberitahuan komentar yang di terbitkan atau replay silahkan klik ' Subscribe by email ; ,komentar spam ,caci maki ,berbau,porno; dan lain-lain yang dapat memancing; keributan akan admin hapus..!! terima kasih.
" JIKA ADA GAMBAR ATAU ARTIKEL YANG RUSAK MOHON BATUAN PEMBACA SETIA UNTUK MEMBERITAHUKAN ADMIN DENGAN BERKOMENTAR DI BAWAH INI "





0 komentar:

Posting Komentar